Universitas Prasetiya Mulya dan PT. Asuransi MSIG Indonesia Sepakati Kerjasama demi Pemajuan Profesi Aktuaris

Universitas Prasetiya Mulya dan PT. Asuransi MSIG Indonesia Sepakati Kerjasama demi Pemajuan Profesi Aktuaris

Prasetiya Mulya terus menegaskan komitmennya sebagai dual university melalui program kemitraan strategis dengan industri. Pada Selasa, 12 September 2017, Prasmul melalui jurusan S1 Business Mathematics kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama dengan PT. Asuransi MSIG Indonesia.

Asuransi MSIG (Mitsui Suitomo Insurance Group) Indonesia, adalah salah satu perusahaan asuransi umum patungan di Indonesia yang telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun. Perusahaan di bawah naungan MSIG Asia ini bergerak dalam penyediaan asuransi dalam bidang engineering insurance, car insurance, marine cargo insurance,dan industrial all risk insurance.

Sinergi antara institusi pendidikan dan perusahaan asuransi ini akan fokus dalam pengembangan ilmu aktuaria di Indonesia. Mengingat, saat ini pertumbuhan industri asuransi dan keuangan di Indonesia semakin melaju pesat, diiringi dengan tingginya kebutuhan tenaga Aktuaris.

Dalam nota kesepahaman yang berlaku satu tahun kedepan ini, ruang lingkup kerjasama antara Prasetiya Mulya dan PT. Asuransi MSIG Indonesia meliputi dua bidang utama, yaitu bidang penelitian kolaborasi dengan topik ilmu aktuaria dan asuransi umum serta bidang pendidikan melalui guest lecture, seminar, program magang bagi mahasiswa School of Applied Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) dan pengadaan studio inovasi bagi mahasiswa S1 Business Mathematics.

Nota kesepahaman kerjasama ini secara resmi ditandatangani oleh Prof. Yudi Samyudia, Ph.d selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Prasetiya Mulya dan Bapak Bambang S. Soekarno selaku Direktur PT Asuransi MSIG Indonesia.

(Ki-Ka): Bapak Bambang S. Soekarno selaku Direktur PT Asuransi MSIG Indonesia dan Prof. Yudi Samyudia, Ph.d selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Prasetiya Mulya menandatangani nota kesepahaman kerjasama 

Turut hadir perwakilan dari PT Asuransi MSIG Indonesia, yaitu Bapak Joni Afandy, Ibu Cempaka dan Ibu Sri Winarni dan perwakilan dari School of Applied Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) yaitu Prof. Dr. Janson Naiborhu selaku Dekan School of Applied STEM, Franky Supriyadi, Ph.D selaku Wakil Dekan School of Applied STEM, Maydison Ginting, Ph,D selaku Kepala Program Studi S1 Business Mathematics serta jajaran Faculty Member Prasetiya Mulya.

Prof. Yudi optimis bahwa kolaborasi dengan PT Asuransi MSIG Indonesia dapat membawa dampak positif untuk mengisi ceruk profesi Aktuaris di Indonesia. “Kerjasama ini dapat membawa dampak yang sangat besar bagi mahasiswa, mereka akan semakin memahami pentingnya konversi tenaga Aktuaris bagi Indonesia.”

Prof. Yudi menyampaikan kata sambutan 

Beliau menambahkan, selain memberikan program beasiswa dan kerjasama dengan industri, S1 Business Mathematics Prasmul mencoba mengembangkan program Co-Op untuk mempercepat pembelajaran praktikal bagi mahasiswa S1 Business Mathematics.

“Kedepannya, kami juga mencanangkan program yang diadopsi dari University of Waterloo, Canada yaitu Co-Op (red: cooperative). Selama dua semester, ada kesempatan bagi mahasiswa untuk berkuliah sambil bekerja secara professional di beberapa industrial partner kami, salah satunya PT. Asuransi MSIG Indonesia,” ungkapnya.

Bapak Bambang S. Soekarno, Direktur PT Asuransi MSIG Indonesia

Direktur PT. Asuransi MSIG Indonesia, Bapak Bambang S. Soekarno mengungkapkan bahwa tenaga Aktuaris memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan asuransi “Peran Aktuaris di perusahaan asuransi sangat penting dan diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai regulator kami. Bahkan akhir tahun kemarin, laporan keuangan umum perusahaan harus di tandatangan oleh Aktuaris.” ” Ia melanjutkan “Kami berharap melalui kemitraan dengan S1 Business Mathematics Prasetiya Mulya bisa mempercepat pengadaan SDM Aktuaris,” tutupnya. (*vio)

Back to list >