Entrepreneurship Development Center

Entrepreneurship Development Center adalah divisi yang berada di bawah koordinasi dari Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik, dengan delegasi langsung di bawah Ketua Program Sarjana. EDC didirikan untuk mendukung aktivitas Program S1 Bisnis Prasetiya Mulya.

VISI PROGRAM EDC

  • Menjadi mitra strategis dalam menciptakan, menumbuhkembangkan dan menyebarluaskan pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswa, akademisi  dan masyarakat.

MISI PROGRAM EDC

  • Menciptakan iklim pendidikan kewirausahaan yang inovatif dan bernilai tambah bagi kemajuan masyarakat.

  • Menumbuhkembangkan kapasitas penelitian kewirausahaan yang berdedikasi terhadap wawasan keilmuan dan meningkatkan penerapannya di masyarakat.

  • Meningkatkan, mendampingi dan memfasilitasi pengembangan proyek-proyek kewirausahaan mahasiswa, akademisi dan masyarakat.

‚Äč


Program Rutin EDC

Klinik Hak Kekayaan Intelektual

Pendaftaran merek dibuka setiap dua bulan sekali, terbuka bagi civitas akademika Prasetiya Mulya. Cukup mengirimkan syarat-syarat pendaftaran ke EDC, dan merek akan didaftarkan langsung ke Dirjen HAKI.

Klinik Keamanan dan Kesehatan Pangan

Diselenggarakan setahun sekali, EDC bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tangerang Selatan ingin membantu civitas akademika Prasetiya Mulya dalam mendapatkan pengetahuan mengenai keamanan dan kesehatan Pangan. Sertifikat yang didapatkan merupakan salah satu persyaratan dalam mendaftarkan PIRT.

Klinik Foto Produk dan Hukum

EDC akan menyediakan jasa fotografer professional untuk membantu mahasiswa dalam pengambilan foto untuk produk mereka.

Konsultasi Bisnis

EDC terbuka bagi mahasiswa semua jurusan yang ingin berkonsultasi seputar bisnis yang sedang dijalankan, baik bisnis yang dijalankan karena perkuliahan maupun bisnis pribadi. 


Entrepreneur Day 2014

Setelah tujuh tahun selalu diselenggarakan di Kampus Prasetiya Mulya, ajang eksibisi tahunan Entrepreneur Day (ED) garapan mahasiswa S1 Prasetiya Mulya kini berpindah panggung ke arena publik.   Pada tahun ini, ED  2014 dihelat di Atrium Mall @Alam Sutera, Tangerang selama 3 hari mulai dari tanggal 17 Januari 2014 hingga 19 Januari 2014. Ada 64 kelompok mahasiswa yang berpartisipasi menampilkan prototype produknya maupun beberapa proyek sudah siap menjual produk karya mereka.

    

    


Entrepreneur Day 2015

Entrepreneur Day 2015 hadir mengusung tema “Indonesian Entrepreneur Action Through Social and Technology”. Ajang tahunan yang sudah sepuluh kali digelar ini mewadahi 51 hasil kreasi bisnis (prototip produk) dari mahasiswa S1 Prasetiya Mulya semester 1 sebagai tugas proyek mata kuliah Technology Based Business dan 30 bisnis mahasiswa semester 3 proyek mata kuliah Business Creation.

Ajang pameran bisnis yang diadakan oleh S1 Prasetiya Mulya School of Business and Economics ini diselenggarakan selama tiga hari di Mall @ Alam Sutera, Tangerang  pada tanggal 14-18 Januari 2015 dengan jumlah pengunjung mencapai sekitar 17.000 orang.

Dari keseluruhan 81 bisnis yang dipamerkan tersebut, pihak kampus mengumumkan beberapa bisnis terbaik pada Awarding Night yang berlangsung hari Minggu (18/01) malam. Bisnis mahasiswa yang mendapat penilaian dari juri akademisi, praktisi, pengusaha, dan media massa ini tersebar dalam kategori Digital Application, Creative, Souvenir, Household Appliance, Traditional Games, Favorite Showcase, Creative Products, Beauty Care and Personal Goods, Apparel and Footwear Product, Organic Food Product, Food and Beverages Product.

Hasil Karya

Aurefo, produk mahasiswa semester 1 yang memenangkan kategori Aplikasi Digital menjadi contoh inovasi untuk mencoba membangkitkan kembali  cerita rakyat Indonesia dengan sentuhanAugmented Reality. Contoh lainnya, Becik atau  Becak Elektrik. Kendaraan dengan bodi becak ini mampu dijalankan tanpa mengayuh pedal, mampu dilipat, dan teriontegrasi teknologi GPS. Lalu ada  Celengan Bongbangbung yang terpilih sebagai produk souvenir terbaik.  Celengan dengan karakter dan suara Wayang Cepot ini memiliki counter untuk menghitung tabungan di celengan dan akan terbuka otomatis ketika isinya sudah penuh.  Ada juga Loop – pemenangh kategori Traditional Games – yang menawarkan permainan tradisional lompat tali dan tali merdeka menggunakan laser.

Bisnis_Fructus

Adapun produk bisnis mahasiswa semester tiga sudah lebih serius karena selain memiliki nilai inovasi, mereka juga sudah mulai melengkapi bisnisnya dengan sistem operasional, pemasaran, dan keuangan. Fructus, pemenang kategori Beauty Care and Personal Goods contohnya. Produk nail polish lokal pertama di Indonesia yang memiliki konsep non-toxic berbasis air, dan beraroma buah ini mengklaim sudah memiliki sistem manajemen produksi yang menyertakan sertifikasi standar keamanan pada material yang digunakan.

Bisnis_Sacirak

Contoh lainnya Sacirak, pemenang kategori Creative. Produk pembersih dan penjaga warna batik supaya tidak pudar ini sudah memiliki stategi marketing untuk melayani target pasarnya yakni konsumen batik tulis dan cap.

Fakta lainnya yang dari eksibisi ini, panitia memperhitungkan jumlah sales setiap tenant dan  Cameleon tampil sebagai peraih sales tertinggi lewat produk tas backpack unik dengan jumlah penjualan 18 juta rupiah selama 3 hari. Kegiatan eksibisi ED ini juga melengkapi rangkaian Entrepreneur Day 2015  lainnya, yakni Entrepreneurship Talkshow,  Cooking Demo,  and Cooking Competition pada tanggal 14 Januari serta Workshop Keuangan dan Pemasaran esok harinya.


SEMINAR UKM

Merupakan salah satu kegiatan eksternal EDC, diperuntukkan bagi para pelaku UKM. Para peserta yang hadir dalam acara ini tidak dipungut biaya. Seminar mendatangkan para pembicara yaitu pelaku UKM yang sudah berhasil. Pada tanggal 27 Maret 2014, Seminar Nasional dengan tajuk " Membangun Motivasi Ekspor  UKM Indonesia Ke-2 " diadakan di Auditorium Kampus Prasetiya Mulya Cilandak. Seminar kali ini dihadiri oleh beberapa pembicara, yaitu Sofjan Wanandi, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia dan Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd selaku Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Wilayah III, DKI Jakarta.

    


Contact : edc@pmbs.ac.id / 021-30450500 ext. 2516-2517 ( Tania / Yayuk )