Community Development

Community Development

Setelah mahasiswa melakukan program wajib magang bekerja penuh waktu selama 4-6 minggu di perusahaan saat libur menjelang semester 2, mahasiswa akan melakukan program Community Development yang terbagi menjadi 2 bagian. Pada mata kuliah Community Development I mahasiswa wajib melakukan kerja sosial minimal 20 jam selama semester 2 di panti sosial atau komunitas tempat tinggal dan melakukan social project dalam kelompok.  Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih kepekaan, kepedulian dan empati mahasiswa pada komunitas sekitar tertentu yang membutuhkan.

Pada mata kuliah Community Development II, mahasiswa dalam kelompok akan menjalankan program pengembangan kapasitas dan kesejahteraan masyarakat melalui aktifitas kewirausahaan saat libur semester selama satu bulan menjelang semester 6 dan melakukan project monitoring dan bimbingan selama semester 6.  Project yang dikerjakan harus bisa memberikan dampak positif bagi keluarga mitra di desa.

Community Development I

Membangun kemampuan social awareness mahasiswa, kemampuan adaptasi social dan tanggungjawab sosial serta membangun kemampuan networking mahasiswa selama program pembelajaran berlangsung di Prasetiya Mulya.

Community Development II

Visi Program Community Development II

       Mewujudkan desa mandiri dan sejahtera melalui kewirausahaan

Misi Program Community Development II

  • Meningkatkan kemampuan berwirausaha dan manajerial masyarakat desa
  • Memberikan alternatif penghasilan tambahan yang berkelanjutan
  • Meningkatkan pemanfaatan nilai tambah sumber daya lokal
  • Mengembangkan kebudayaan lokal sebagai modal dasar pengembangan kesejahteraan masyarakat

Salah satu upaya Prasetiya Mulya dalam mendukung pengembangan kewirausahaan secara lebih menyeluruh adalah dengan menyelenggarakan sebuah program kuliah kerja nyata (KKN) berbasis kewirausahaan di pedesaan. Program ini dinamakan Program Community Development, atau dapat disebut sebagai Program Comdev. Selain sebagai program kewirausahaan bagi masyarakat, Program Comdev menjadi salah satu sarana Prasetiya Mulya untuk melakukan revitalisasi program KKN nasional agar lebih berdaya guna dan tepat manfaat bagi kemandirian masyarakat desa.

Program Comdev II terbagi ke dalam 3 tahap yaitu, pembekalan, living in village dan pendampingan.Tahap kritikal berada ditahap living in village dimana mahasiswa selama 1 bulan  penuh akan tinggal bersama mitra di desa. Selama 1 bulan, mahasiswa tersebut akan menjalankan bisnis yang ide bisnisnya sudah disepakati bersama dengan para mitra. Dalam kurun waktu tersebut, mahasiswa juga melaksanakan transfer pengetahuan bisnis secara sederhana kepada mitra, meliputi pengetahuan berbisnis (keuangan, produksi, pemasaran, dan sumber daya manusia) dan pengetahuan manajerial. Pada akhir tahap living in village, bisnis akan diserahkan secara resmi kepada mitra untuk dijalankan secara mandiri.

Program Comdev dijalankan dengan sistem kemitraan dan orang tua asuh. Sistem kemitraan memiliki arti bahwa bisnis yang dijalankan merupakan kemitraan antara mahasiswa dan mitra. Mahasiswa akan mempersiapkan permodalan, baik investasi awal dan modal kerja, mitra hanya mempersiapkan tenaga dan semangat untuk menjalankan bisnis tersebut bersama mahasiswa. Sistem orang tua asuh mengandung arti bahwa peran penduduk selain sebagai mitra dalam bisnis, juga akan menjadi orang tua asuh bagi mahasiswa yang tinggal di rumahnya. Hal ini bertujuan supaya tercipta ikatan yang erat antara mitra dengan mahasiswa sehingga bisnis yang dijalankan pun dapat lebih lancar


   

              



Kegiatan Pendukung Program Community Development II

  • Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis
  • Mengajar siswa di PAUD, TK dan SD
  • Pemilahan sampah dan pembuatan pupuk kompos
  • Bazaar produk usaha
  • Pembuatan Taman Bacaan
  • Pengembangan akses informasi
  • Dan lain-lain

 

 


Desk of Comdev [DoC]

adalah sekretariat pelaksana program Comdev yang menjadi representasi publikasi dan informasi mengenai kegiatan Comdev.

Telepon

021-30450500 [ext. 2516–2517]

Email

comdev2@pmbs.ac.id