Program Magang & Bimbingan Studi

Program Magang (On The Job Training)

Mahasiswa S1 Prasetiya Mulya diwajibkan mengikuti program magang (OJT, On the Job Training) bekerja di perusahaan sejak tingkat pertama perkuliahan selama satu bulan saat libur semester menjelang semester 2. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan setiap mahasiswa kepada dunia kerja dan mempelajari standar kerja profesional, membangun jejaring, mengembangkan keterampilan dan kematangan pribadi. Pada mata kuliah Personal Development di semester 1, mahasiswa mendapatkan materi persiapan untuk mengikuti program magang berupa pembuatan surat lamaran, CV dan interview.

Mahasiswa akan mendapatkan kesempatan magang berikutnya saat libur semester. Khusus bagi mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir sarjana berupa project improvement, program magang dilakukan di semester 8 dengan bekerja menyelesaikan project selama 4-6 bulan di perusahaan yang dapat mereka pilih.

Mentoring

Mentoring adalah program pendampingan dan bimbingan mahasiswa oleh staf akademik selama proses pembelajaran di S1 Prasetiya Mulya.

Mentor adalah FM (Faculty Member) dan staf akademik S1 Prasetiya Mulya yang diberi tanggung jawab untuk membimbing satu kelas (40-50 Mahasiswa), satu konsentrasi tertentu atau seluruh mahasiswa tingkat akhir. Mentee adalah setiap mahasiswa S1 Prasetiya Mulya yang dibimbing oleh mentor.

Tujuan Mentoring

Program mentoring dilakukan untuk membentuk entrepreneurial behavior (karakter entrepreneur) mentee dan member pengarahan akademik kepada mentee selama berkuliah di S1 Prasetiya Mulya. Secara garis besar program mentoring bertujuan :

  • Membantu mentee untuk mendefinisikan tujuan karier dan hidupnya.
  • Membantu mentee dengan dukungan dan saran belajar secara umum.
  • Membantu mentee memahami kekuatan dan kelemahannya serta mengenali potensinya.
  • Membantu mentee menjadi lulusan yang matang, percaya diri, bermotivasi tinggi, tangguh, siap bekerja dalam kelompok, mampu melihat akar masalah, dan tertantang untuk melakukan sesuatu yang baru.

 


Peran Mentor

Mentor adalah pembimbing kemahasiswaan yang menjalankan peran-peran sebagai berikut.

  • Coaching - Mentor membantu dan mendorong mentee (mahasiswa) untuk menjalani kehidupan perkuliahan dan kemampuannya. Selain itu mentor juga mengembangkan entrepreneurial behavior para mentee, yaitu keterampilan analisis, komunikasi, interpersonal, kematangan diri, dan persistensi metee.
  • Facilitating - Mentor akan berusaha memahami tujuan hidup dan impian tiap mentree akan berusaha membantu mentee untuk mencapainya.
  • Networking - Dalam program mentoring terdapat suatu kerangka kerja yang memungkinkan para mentee bersosialisasi dengan pihak dari luar kampus. Dalam hal ini mentor bertugas membantu mengembangkan network dari para mentee tersebut.
  • Counselling and Supporting - Pada saat mentee mengalami masalah dengan perkuliahannya, prestasi akademiknya, maupun hubungan dengan rekan-rekan kuliahnya, mentor berperan memberikan saran dan dukungan.
  • Assessing - Pada akhirnya mentor juga harus memberikan penilaian terhadap program mentoring yang ada serta memberikan laporan serta rencana kerja di setiap semester. Mentor memantau perkembangan entrepreneurial behavior dari tiap mentee. Umpan balik juga diberikan kepada mentree dalam bentuk laporan tertulis dan juga verbal.