Program Pengenalan Mahasiswa Baru & Outbound

Introductory Program (IP)

Introductory Program merupakan rangkaian kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru S1 Prasetiya Mulya yang dilaksanakan setiap tahunnya. Program ini disusun untuk membantu proses adaptasi para mahasiswa baru terhadap lingkungan dan aktivitas yang berlangsung di kampus Prasetiya Mulya, memperkenalkan memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai CHAIN (Caring, Humilty, Achievement dan Integrityserta menyampaikan identitas mahasiswa Prasetiya Mulya yakni 4C (Character, Competency, Connectivity dan Contribution)Kegiatan Introductory Program juga diharapkan dapat membantu mahasiswa baru untuk berubah dari hidup gaya anak sekolah menjadi gaya hidup seorang mahasiswa dan menjadi pribadi yang lebih baik dan berharga, sehingga dapat menjadi Prasmulyan yang adaptif di lingkungan kampus Prasetiya Mulya.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Introductory Program adalah:

  • Membantu proses adaptasi mahasiswa-mahasiwa angkatan baru di lingkungan kampus Prasetiya Mulya.
  • Menanamkan etika yang baik terhadap seluruh civitas akademika Prasetiya Mulya (staff, FM dan mahasiswa lain) dan nilai-nilai CHAIN (Caring, Humility, Achievement dan Integrity) dalam diri para mahasiswa angkatan baru.
  • Menyampaikan pemahaman dan pengertian 4C (Character, Competency, Connectivity dan Contribution).
  • Sebagai acara perdana Student Board untuk menyambut keluarga baru Prasetiya Mulya yaitu mahasiswa angkatan baru.

    ‚Äč    

  

Outbound

Program ini diselenggarakan di awal tahun ajaran baru dengan tujuan sebagai berikut:

  • Memberikan gambaran bagi mahasiswa baru tentang perjuangan, bagaimana berkompetisi secara sehat, dan bekerja sama dalam menjalani perkuliahan yang menantang di Prasetiya Mulya.
  • Memberikan pelatihan mengenai kepedulian terhadap lingkungan. Memupuk sikap menghargai dan disiplin, dalam bentuk kemauan mendengar dan mematuhi peraturan serta menghormati tokoh otoritas (fasilitator outbound). Hal ini diharapkan dapat membantu mahasiswa baru  untuk mematuhi peraturan dan etika perkuliahan di Prasetiya Mulya.
  • Memiliki esprit of the corps  atau kebanggaan sebagai mahasiswa Prasetiya Mulya.
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai S1 Prasetiya Mulya yakni CHAIN (Caring, Humility, Achieving, Integrity).
  • Eksplorasi dan pengembangan Panca DimensiKemampuan Analisa, Kematangan Pribadi, Komunikasi Hubungan Interpersonal, Achievement, Kepemimpinan.
  • Pemahaman dan pengembangan serta dapat mengaplikasikan identitas 4 Cs Prasmulyan: Character, Competencies, Contribution, dan Connectivity
  • Membangun kekompakan dan solidaritas mahasiswa baru sebagai satu angkatan.
  • Menyiapkan para mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan para kakak kelas di kampus Prasetiya Mulya. 

  


PROSES KEGIATAN

Outbound mahasiswa S1 Prasetiya Mulya ini dirancang oleh Kemahasiswaan S1 dengan melibatkan mahasiswa aktif angkatan pendahulu yang juga akan membantu dalam pelaksanaannya sebagai Lodestar. Lodestar bersama-sama dengan observer (tim Psikolog) akan bersama–sama menjadi pembimbing kelompok dalam aktivitas dan kegiatan sehari–hari. Diharapkan dengan kegiatan dan aktivitas yang telah dirancang sedemikian rupa, maka peserta outbound dalam hal ini adalah mahasiswa baru S1 Prasetiya Mulya dapat belajar bersikap sesuai dengan tujuan outbound dalam kaitannya sebagai wujud adaptasi menjadi keluarga Prasetiya Mulya.

Salah satu fungsi outbound sendiri adalah memberikan gambaran proses pembelajaran di kampus nantinya, maka mulai dari tahun ini Outbound juga disebut sebagai Simulasi Bisnis lapangan. Simulasi Bisnis yaitu adalah iniatur pembelajaran di kelas nantinya.  Hal inilah yang membedakan Outbound Prasetiya Mulya dengan outbound yang lain. Outbound S1 Prasetiya Mulya juga memberikan pelatihan pengembangan karakter untuk menjadi seorang pelaku Bisnis yang handal dan berkarakter tangguh, tangung jawab serta punya kontribusi Sosial. Dalam outbound S1 Prasetiya Mulya di salah satu kegiatannya juga memuat kegiatan simulasi Bisnis yaitu bagaimana peserta bisa berlatih menyusun strategi dan mengolah ide secara kreatif dan juga asertif untuk bisa mendukung keberhasilan mereka menyelesaikan tugas.