S1 Teknologi Bisnis Pangan

Universitas Prasetiya Mulya > Program S1 > S1 Teknologi Bisnis Pangan

S1 Teknologi Bisnis Pangan Universitas Prasetiya Mulya

Food Innovation for Human Welfare

Kebutuhan akan makanan sehat dan bergizi meningkat dan populasi global di masa depan akan menuntut alternatif lain untuk sumber makanan. Oleh karena itu, peran ahli teknologi pangan sangat penting dalam industri pangan.

Ahli teknologi makanan membuka pintu ke berbagai jalur karir termasuk mengembangkan produk makanan baru, meningkatkan atribut sensorik dan kandungan nutrisi makanan, menemukan cara baru untuk mengawetkan, memproses, mengemas, dan mendistribusikan makanan.

Visi
Menjadi pusat unggulan dalam pengembangan ilmu, teknologi dan sumber daya manusia yang berkualitas global di bidang Teknologi Pangan di level nasional dan internasional di tahun 2025 yang berfokus pada inovasi pangan sehat, keamanan dan edukasi pangan, serta bisnis pangan berbasis teknologi.

Misi

  • Menyelenggarakan program pendidikan tinggi untuk menghasilkan sarjana Teknologi Pangan berkualitas unggul yang ditunjang oleh kemampuan bisnis dan kewirausahaan, filosofi belajar seumur hidup (lifelong learning), dan nilai-nilai caring—humility--achieving—integrity--non-discrimination (CHAIN).
  • Melaksanakan penelitian di bidang Teknologi Pangan yang berfokus pada inovasi produk pangan sehat.
  • Melaksanakan aktivitas pengabdian masyarakat dalam bentuk edukasi keamanan pangan dan kontribusi pada usaha pengembangan bisnis pangan.

Ceritaprasmul

Department Contact Info

Marketing & Customer Relations

BSD CAMPUS
Kavling Edutown I.1 Jl. BSD Raya Utama
BSD City, Tangerang 15339

(021) 304 50 500 ext. 2001-2006
SMS/WA: 0815-1166-2005 or 0812-4111-660
info@prasetiyamulya.ac.id

Mon – Fri, 8:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

 

Mengapa Mempelajari Teknologi Bisnis Pangan

S1 Teknologi Bisnis Pangan adalah program 4 tahun yang mencakup ilmu pengetahuan dan keterampilan praktis yang terlibat dalam produksi, pengawetan, keamanan, dan evaluasi kualitas makanan. Siswa akan belajar bagaimana menganalisis karakteristik makanan, menemukan metode baru untuk produk makanan baru, dan mempelajari cara membuat makanan olahan aman dan sehat. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari berbagai prinsip bisnis yang dibutuhkan di industri.

Kurikulum

Struktur kurikulum Prodi S1 Teknologi Bisnis Pangan dirancang dengan jumlah 144 SKS yang terdiri dari matakuliah sains dan teknologi, ilmu dan teknologi pangan, bisnis dan kewirausahaan, pengembangan personal (soft skill), pilihan bidang peminatan, dan tugas akhir.

Tahun Pertama

Basics of Food Business Technology

Tahun Kedua

Food Processing

Tahun Ketiga

Food Products Innovation

Tahun Keempat

Food Business

Lulusan Program ini

Lulusan Teknologi Pangan Universitas Prasetiya Mulya memiliki pengetahuan dalam bidang teknologi pangan, dan juga bisnis, sehingga dapat memilih bekerja di industri, ataupun membuka bisnis sendiri di sektor makanan dan minuman. Terus meningkatnya pertumbuhan sektor makanan dan minuman mengindikasikan banyaknya peluang usaha dan juga lapangan pekerjaan bagi para lulusan.

Karir Masa Depan

Food Business Person, Food Technopreneur, Food Product Development, Food Health and Nutritionist, Consultant, Food Technologist, Food Quality Assurance, Food Analyst, Sensory Scientist, Food Chemist, Food Business Specialist, Community Nutritionist, Consumer Education Specialist, Food Production Manager, etc.

Kolaborasi

S1 Teknologi Bisnis Pangan melakukan berbagai kerjasama strategis dengan beberapa industri pangan, antara lain PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Nutrifood Indonesia, PT Sierad Produce Tbk, PT Vanadia Utama, Cimory, Sekolah, Universitas dan Badan Pemerintahan.

Bentuk kerjasama yang dilakukan Food Business Technology antara lain inovasi pengembangan produk baru dengan UMKM Food, Program kantin sehat dengan SMA Kristen Penabur Kota Wisata, pendampingan UMKM bersertifikasi halal dengan LPPOM MUI Provinsi Banten, dan kerjasama inovasi riset unggulan dengan Curtin University, BPPT, Universidad de Granada, RMIT.

Butuh Bantuan? Chat kami