S1 Product Design Engineering

Universitas Prasetiya Mulya > School Of Applied STEM > S1 Product Design Engineering

S1 Product Design Engineering Universitas Prasetiya Mulya

Innovating Meaningful Products

Program studi S-1 Product Design Engineering Universitas Prasetiya Mulya merupakan program studi Desain Produk yang memadukan aspek manusia, rekayasa dan teknologi, seni, bisnis dan kewirausahaan dalam pendekatan desain produk yang inovatif dan bermakna bagi penggunanya. 

Program ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan akan sarjana dalam bidang pengembangan produk yang mempunyai kompetensi dalam mendesain, merekayasa, dan menginovasi produk. Kebutuhan ini semakin penting dalam meningkatkan kemandirian industri nasional, menjawab tantangan global di era revolusi industri ke-4, dan mengatasi berbagai masalah sosial kemanusiaan dewasa ini.

Visi
Menjadi program studi yang unggul dan terpandang dalam pengembangan ilmu Desain Produk, serta penerapannya dalam pembentukan dan penumbuhan usaha yang inovatif dan berkesinambungan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Misi
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas tinggi dan inovatif di bidang Desain Produk dengan menjunjung nilai-nilai dasar Prasetiya Mulya: CHAIN – Caring, Humility, Achieving, Integrity dan Non-discrimination.

Apply Now Program Info

Department Contact Info

Marketing & Customer Relations

BSD CAMPUS
Kavling Edutown I.1 Jl. BSD Raya Utama
BSD City, Tangerang 15339

(021) 304 50 500 ext. 2001-2006
SMS/WA: 0815-1166-2005 or 0812-4111-660
info@prasetiyamulya.ac.id

Mon – Fri, 8:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

 

Mengapa Kuliah di Program S1 Product Design Engineering?

Karakteristik program studi

Program studi S1 Product Design Engineering, Universitas Prasetiya Mulya memposisikan diri sebagai program studi Desain Produk yang berorientasi pada pengembangan produk teknologi dengan warna rekayasa (engineering) dan sentuhan inovasi. Desainer / rekayasawan desain yang memiliki kompetensi mendesain produk teknologi selalu dibutuhkan oleh masyarakat modern untuk melangsungkan kehidupan dengan lebih bermakna, berkelanjutan, inklusif, dan ramah lingkungan.

Dalam program studi kami, produk teknologi tersebut terbagi menjadi 3 kelompok:

1. Consumers products & appliances
Produk dalam kategori ini adalah produk yang langsung digunakan oleh konsumen untuk menjalankan aktivitas keseharian, antara lain produk elektronik, peralatan rumah tangga, peralatan dapur, kemasan (packaging), furnitur, peralatan olahraga, mainan, dll.

2. Assistive technology & medical devices
Produk dalam kategori ini memanfaatkan teknologi untuk membantu orang berkebutuhan khusus dan/atau digunakan sebagai alat kesehatan, antara lain kursi roda, alat bantu berjalan, peralatan rehabilitasi cedera, alat bantu dengar untuk manula, peralatan medis personal, wearables, dll.

3. Transportation(*)
Produk dalam kategori transportasi antara lain adalah sepeda, sepeda motor listrik, aerial drone, underwater drone, dan komponen sarana/prasarana transportasi, misalnya desain pintu atau tempat duduk bus/kereta yang ramah terhadap manula dan penyandang disabilitas.

(*)Catatan: Kendaraan roda empat, bus, kereta api, dan sarana transportasi yang lebih besar tidak termasuk dalam ruang lingkup desain transportasi dalam program studi kami.

Bisnis Kewirausahaan

Dalam lingkungan Universitas Prasetiya Mulya, bisnis dan kewirausahaan selalu menjadi ‘the holy grail’, termasuk bagi program studi kami. Pengembangan produk selalu memiliki elemen penambahan nilai dan makna, yang erat dengan nilai bisnis dan kewirausahaan. Dengan kompetensi desain dan rekayasa produk yang dipadukan dengan pengetahuan dan keterampilan bisnis dan kewirausahaan, lulusan program studi ini siap untuk bekerja sebagai profesional di perusahaan yang sudah mapan maupun sebagai wirausahawan dalam berbagai bidang pengembangan produk.

Kesempatan dan Kolaborasi

Mahasiswa program studi kami memiliki berbagai kesempatan untuk mengakses metode dan suasana pembelajaran khas Universitas Prasetiya Mulya, yaitu ‘Collaborative Learning by Enterprising’, misalnya:

– Kolaborasi perkuliahan dengan program studi lain, yang juga melibatkan interaksi dengan industrial partner dalam projek perkuliahan
– Partisipasi dalam program gabungan dengan universitas di luar negeri, misalnya dalam program ‘Design & Entrepreneurship’ dengan Singapore University of Technology & Design (SUTD) (Januari 2020)
– Partisipasi dalam kompetisi desain produk dengan melibatkan kolaborasi antar mahasiswa lintas program studi
– Program work-integrated learning, antara lain On-Job Training, Internship, dan opsi Co-op (Cooperative Education), dimana mahasiswa akan berinteraksi langsung dengan praktisi selama kerja magang di industri.
– Keterlibatan dalam program penelitian dan pengabdian masyarakat yang dipimpin oleh dosen program studi.

Sarana dan Prasarana

Fasilitas umum perkuliahan yang tersedia (ruang kelas, perpustakaan, kantin) maupun prasarana lainnya merupakan fasilitas yang berkualitas dan terjaga kebersihannya. Selain itu, interaksi mahasiswa dan dosen juga diperkaya dengan penggunaan Learning Management System secara online, dimana mahasiswa dapat mengakses materi perkuliahan, mengumpulkan tugas dan kuis, serta mengakses e-text dari buku referensi dari berbagai penerbit akademik terkemuka.

Mahasiswa program studi kami memiliki akses untuk menggunakan bermacam ruangan studio, laboratorium, dan peralatan yang terdapat di Gedung STEM Laboratory. Pengembangan fasilitas dan penambahan peralatan terus dilakukan secara bertahap. Saat ini, ruangan dan peralatan yang tersedia untuk menunjang perkuliahan dan pembuatan produk mahasiswa adalah:

1. Metal working area
– 3-axis Vertical Milling CNC
– Esprit CAM software

2. Design Assembly Room

3. Material Testing
– 10-kN Universal Testing Machine

4. Prototyping Lab
– 4 unit Fused Deposition Model 3D printer
– 1 unit engraving machine
– 1 unit stereolithography 3D printer
– 1 unit 3D scanner
– 1 unit Augmented Reality headset
– 1 unit Virtual Reality headset

5. Physical Ergonomics Lab

6. Virtual Laboratory
– Solidworks
– Autodesk

7. High Performance Computing Cluster

Kurikulum

Kurikulum program studi S1 Product Design Engineering Universitas Prasetiya Mulya berisi mata kuliah inti terkait desain produk / desain industri dan rekayasa (engineering). Selain itu, beberapa mata kuliah berkaitan erat dengan bisnis dan kewirausahaan, serta pengembangan personal. Dengan kurikulum ini, mahasiswa akan belajar bagaimana mengembangkan produk dengan mengkombinasikan pengetahuan mengenai desain dan prinsip rekayasa dengan kreativitas dan keinovasian yang dilatih melalui pengalaman praktik dalam studio desain produk. Mereka juga akan mempelajari aspek-aspek penting dalam desain produk, seperti unsur keberlanjutan dan lingkungan, serta tanggung jawab sosial. Dengan elemen bisnis dan kewirausahaan yang diikutsertakan dalam banyak mata kuliah, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi desainer produk teknologi yang berkualitas.

Tahun Pertama

Semester 1:

Theory of Design; Fundamentals of Drawing; Engineering Drawing; Physics; Elementary Calculus; Personal Development;
Applied Communication 1

Semester 2:

Materials and Design; Product Visualization 1; Creative and Design Thinking; Mathematics in Engineering Design; Reading and Writing; Community Development Project 1;
Applied Communication 2

Tahun Kedua

Semester 3:

Product Design and Development; Product Visualization 2; Manufacturing Methods; Digital Technology; Statics; Electronics;
Elementary Statistics and Probability

Semester 4:

Design Project 1; Design for Social Innovation; Design for Environment; Dynamics and Kinematics; Numerical Methods; Religious Studies; Civilization of Pluralism

Tahun Ketiga

Semester 5:
Design Project 2; Physical Ergonomics; Energy, Fluids, and Heat; Creativity and Technology Innovation; Civic Education;
Elective 1

Semester 6:
Design Project 3; Design for Interaction; Business Innovation; Applied Communication 3; Community Development Project 2;
Elective 2

Tahun Keempat

Semester 7:
Design Project 4 (Seminar); Internship ; Design for Meaning; Design for Manufacturing; Computer-Aided Engineering

Semester 8:
Final Project; Graphic Design and Branding;
Elective 3

Profil Lulusan

Lulusan PDE secara garis besar terbagi menjadi 2, yaitu:

  1. Industrial Designer / Product Designer / Product Design Engineer, yaitu sarjana yang bekerja secara profesional pada perusahaan pengembangan produk dan berperan sebagai designer dan/atau perekayasa produk tersebut.
  2. Wirausahawan Perancangan Produk (Product Design-preneur), yaitu sarjana yang berwirausaha dalam pengembangan produk, dimana ia juga mengerjakan atau mengarahkan aktivitas desain dan rekayasa produk tersebut.

Prospek Karir

Industrial Designer, Commercial Product Designer, Product Planner, Project Planner, Color & Material specialist, Design Engineer, Digital Product Simulation Specialist, Product Design Engineering Consultant, Engineering System Designer, Designpreneur, Researcher, etc.

Butuh Bantuan? Chat kami