S1 Matematika Bisnis

Universitas Prasetiya Mulya > Program S1 > S1 Matematika Bisnis

S1 Matematika Bisnis Universitas Prasetiya Mulya

Where Analytics Build Enterprises

Program Sarjana Matematika Bisnis adalah program interdisipliner yang mempelajari metode matematika, statistik, dan komputasi bersama dengan metodologi ekonomis.

Program ini terdiri dari sekitar dua pertiga materi matematika dan statistik terapan dan sepertiga materi bisnis.

Visi
Menjadi program studi S-1 Business Mathematics Indonesia yang unggul dan terpandang baik skala Nasional maupun Internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta pembentukan dan penumbuhan usaha yang inovatif melalui pendidikan, penelitian, dan pelatihan dalam bidang matematika bisnis untuk menghasilkan lulusan yang handal, beretika, dan berwawasan global demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Misi

  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki daya saing, berjiwa entrepreneurship, dan berinovasi untuk membentuk ekosistem bisnis yang sehat.
  • Menyelenggarakan proses pendidikan di bidang matematika bisnis yang berkualitas tinggi untuk mengembangkan pemimpin bisnis dan profesional di bidangnya yang unggul, bermartabat, beretika, dan menghormati kemajemukan, serta berkontribusi besar pada pembangunan bangsa dan Negara Indonesia.
  • Melaksanakan penelitian yang berkualitas yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu Matematika Aktuaria, Matematika Finansial, dan Matematika Industri di Indonesia.
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui pemanfaatan kepakaran dalam bidang matematika bisnis.

Ceritaprasmul

Department Contact Info

Marketing & Customer Relations

BSD CAMPUS
Kavling Edutown I.1 Jl. BSD Raya Utama
BSD City, Tangerang 15339

(021) 304 50 500 ext. 2001-2006
SMS/WA: 0815-1166-2005 or 0812-4111-660
info@prasetiyamulya.ac.id

Mon – Fri, 8:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

 

Mengapa Belajar Matematika Bisnis

Siswa akan memperoleh keterampilan analitis dan pemecahan masalah yang kuat bersama dengan wawasan yang luas ke dalam dunia bisnis. Keterampilan ini sangat berguna dalam lingkungan global yang kompleks saat ini, di mana masalah dalam administrasi bisnis memerlukan analisis matematis yang rumit.

Kurikulum

Program Matematika Bisnis memiliki tiga konsentrasi: Matematika Aktuaria, Matematika Keuangan, dan Matematika Industri. Sebagai bagian dari pembelajaran kolaboratif dengan giat, program ini telah menerapkan program Co-operative Education (Co-op) sebagai bagian dari kurikulumnya.

Tahun Pertama

Understanding Basic Math & Business
Basic Math & Statistics, Basic Computation, Basic Economic & Business

Tahun Kedua

Solving Simple Problems in Math & Business
Advanced Math, Business Math Computation, Intro to Actuary/Finance/Industry, Work Integrated Learning (Co-Op)

Tahun Ketiga

Solving Advanced Problems in Math & Business
Mathematical and Statistical Modelling Advanced Computation & Simulation, Fundamentals of Actuary/Finance/Industry

Tahun Keempat

Mastering Math Applications in Business
Advanced Actuary/Finance/Industry, Internship/Work Integrated Learning (Co-Op), Research Development, Final Project.

Matematika Aktuaria
Matematika Aktuaria adalah disiplin yang mengaplikasikan metode matematika, statistika, komputasi, dan ekonomi yang mengukur resiko keuangan khususnya pada industri asuransi, dana pensiun, dan sektor keuangan lainnya. Kompetensi ini membekali mahasiswa untuk menjadi seorang Aktuaris profesional.

Matematika Keuangan
Matematika Keuangan dikenal dengan Finansial Kuantitatif (Quantitatif Financial) atau Rekayasa Keuangan. Disiplin ini erat kaitannya dengan pasar keuangan. Berbagai produk keuangan beserta permasalahannya didesain, dikembangkan, dan dieveluasi menggunakan metode matematika, teknik statistika serta komputasi.

Matematika Industri
Matematika Industri merupakan aplikasi matematika yang berkaitan erat dengan engineering, sains, dan industri. Disiplin ini ditujukan untuk memecahkan permasalahan industri seperti optimasi, pengambilan keputusan, dan menejemen industri.

Lulusan Program ini

Program Co-Op memberikan siswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja di bidang studi mereka. Hal ini untuk memberikan siswa pengalaman langsung dalam menerapkan pengetahuan yang dipelajari di kelas ke dalam praktik yang relevan di dunia nyata. Siswa koperasi akan mendapatkan setidaknya satu tahun pengalaman kerja profesional pada saat mereka lulus dari program.

Para sarjana di Indonesia mengalami tantangan yang besar karena tingkat pendidikan tinggi mereka bukan lagi menjadi jaminan memperoleh kerja dengan mudah. Tantangan yang dihadapi oleh para sarjana adalah mereka harus bersaing dengan pekerja asing dari Negara-negara ASEAN sebagai efek dari Asean Economic Community (MEA).

Saat ini banyak sekali perusahaan menginginkan lulusan yang memiliki pengalaman kerja. Oleh karena itu, para sarjana tidak hanya dituntut memiliki nilai akademik yang baik tetapi juga harus siap bekerja dan memiliki keterampilan professional yang baik untuk bersaing dengan lulusan lain dari seluruh dunia.

Program Co-Op memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan setidaknya satu tahun pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Mahasiswa Co-Op akan belajar dan bekerja secara bergantian dengan masa kerja (work term) dan masa studi (study term) yang membentuk suatu kesinambungan.

Mahasiswa Co-Op dalam masa bekerja merupakan pekerja profesional yang diberi tanggung jawab dan hak yang layak seperti halnya pekerja penuh waktu.

Karir Masa Depan

Actuary, Data Scientist, Qualitative Analyst, Investment Banking Analyst, Supply Chain Analyst, Operations Research Analyst, Managemen analyst, Market Research analyst, etc.

Kolaborasi

Universitas Prasetiya Mulya telah menandatangani Memorandum of Understanding dan menjadi mitra kerja dengan READI Project pada tanggal 11 April 2017.

READI (Risk Management, Economics Sustainability, and Actuarial Science Development in Indonesia) Project adalah suatu proyek yang dilaksanakan oleh University of Waterloo dari Kanada dengan dukungan dari pemerintah Kanada (The Government of Canada provided through Global Affairs Canada) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas lulusan ilmu aktuaria di Indonesia. Proyek READI dimaksudkan untuk memperkuat sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan memberikan kesempatan yang adil serta dukungan untuk perekrutan, pendidikan, dan keterlibatan profesional aktuaris.

Butuh Bantuan? Chat kami