Penerimaan Program S1

Universitas Prasetiya Mulya > Penerimaan Program S1

Jadwal Pendaftaran

Lokasi Tes

Askprasmul

Periode Pendaftaran Online

Batas Waktu Pendaftaran Online

Batas Waktu Pengiriman Dokumen

Tes Online

Pengumuman

Tes Online Gelombang 8 - Kampus BSD

 Sabtu, Mei 2022


Selasa,

24 Mei 2022

Senin,
6 Jun 2022

Selasa,
7 Jun 2022

Minggu,
12 Jun 2022

Senin,

20 Jun 2022

Prosedur Registrasi Tes

1
2

Langkah 2

Lihat Jadwal Tes pada tabel

3

Langkah 3

Lanjutkan dengan menekan tombol “Daftar”

4

Langkah 4

Isi biodata berupa nama, email, nomor handphone, password, pilihan program studi, lokasi ujian, dan cara pembayaran, serta lakukan pengecekan sebelum menyelesaikan pendaftaran online.

5

Langkah 5

Periksa email untuk mendapatkan nomor rekening virtual (VA) baru Anda dan selesaikan pembayaran yang diperlukan ke rekening VA tersebut

6

Langkah 6

Periksa email yang memverifikasi pembayaran Anda dan dapatkan nama pengguna, kata sandi, dan kode voucher pendaftaran Anda (dalam waktu 1 × 24 jam); verifikasi akun melalui tautan yang diemail.

7

Langkah 7

Login untuk melengkapi data dan persyaratan dokumen (termasuk foto berwarna 3 × 4 dan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) atau paspor

8

Langkah 8

Periksa email untuk mendapatkan kartu ujian Anda (dalam 1 × 24 jam)

9

Langkah 9

Cetak kartu ujian untuk dibawa pada saat seleksi ujian

Pembayaran Biaya Tes

  1. Siswa/i SMA/SMK/Sederajat yang dapat mendaftar adalah yang setara dengan masa 3 tahun SMA (6 semester) dan tahun kelulusan SMAK/SMK/ Sederajatnya maksimal 2 tahun sebelum tahun ajaran perkuliahan dimulai.
    Contoh : Untuk siswa dari sekolah internasional program O level maka tidak setara dengan SMA, sehingga tidak dapat mendaftar.
  2. Biaya mengikuti tes untuk seluruh program SBE atau STEM adalah sebesar Rp. 500,000. Biaya tersebut memungkinkan kandidat untuk memilih 2 jurusan dari dalam 1 sekolah (SBE atau STEM) atau 2 jurusan di 2 sekolah (misalnya 1 jurusan di SBE dan 1 jurusan lainnya di STEM).
  3. Pembayaran biaya ujian harus dilakukan melalui transfer bank melalui Virtual Account (VA).
  4. Pembayaran biaya ujian dianggap valid setelah semua persyaratan diselesaikan dengan sukses dalam batas waktu yang ditentukan.

Opsi Pembayaran Tes

Pembayaran dapat dilakukan melalui metode VA BCA, GoPay atau Bank Transfer lainnya dengan mengikuti tutorial berikut ini (klik pada link untuk mengunduh informasi pembayaran):

* Metode pembayaran lain kecuali VA BCA, akan dikenakan biaya transaksi, sesuai metode pembayaran yang dipilih.

Tes Masuk

Setelah pendaftaran dan proses pembayaran selesai, peserta akan dikirimkan email Nomor ID Tes Masuk yang harus ditunjukkan selama tes. Informasi tanggal dan lokasi tes dapat dilihat disini: Prasetiya Mulya Admission.

Biaya Pendidikan 2021-2022

 

Biaya Pendaftaran (Uji Seleksi)

IDR 500,000

Biaya Pengembangan
(Periode Januari - Juli 2022)

IDR 85,000,000

Uang kuliah tetap

IDR 12,000,000

Biaya SKS

IDR 500,000 / per credit hour (SKS)

Biaya Praktek

IDR 3,000,000

Biaya orientasi*

IDR 4.800.000

* Pembayaran satu kali saja.
Biaya program belum termasuk biaya kelulusan dan biaya buku pelajaran. Beasiswa tersedia untuk peserta tes yang memenuhi persyaratan seleksi.

Metode Pembayaran

Opsi 1

Semua pembayaran biaya pengembangan dan SPP Semester 1 dilakukan melalui transfer bank ke Virtual Account (VA) calon sesuai dengan email konfirmasi yang dikirimkan sebagai calon mahasiswa.

Slip pembayaran harus mencantumkan tujuan / peruntukannya dan dikirimkan sebagai bukti pembayaran ke kantor Prasetiya Mulya Finance di Kampus BSD (an. Ms Herlin / Mr. Recky) melalui email ke: finance.s1@prasetiyamulya.ac.id.

 

Opsi 2

Pembayaran melalui program cicilan kartu kredit dengan bunga 0%. dengan pilihan sebagai berikut:

No.

Kartu Kredit

Program Cicilan

1

BCA

3, atau 6 bulan

2

Permata

3, atau 6, atau 12 bulan

Pembayaran development fee melalui program cicilan 0% dengan Bank BCA atau Bank Permata, hanya dapat dilakukan melalui transaksi langsung di Loket Kasir Gedung William Soeryadjaja lantai 1, Universitas Prasetiya Mulya BSD setiap hari kerja Senin -Jumat pukul 10.00 – 16.00 WIB.

Pendaftaran Akademik

Setelah lulus SMA, calon mahasiswa harus melakukan registrasi ulang dan melengkapi persyaratan akademik Universitas Prasetiya Mulya. Informasi rinci tentang ini disertakan dalam surat pengumuman penerimaan mahasiswa program sarjana.

Beasiswa

Universitas Prasetiya Mulya menawarkan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademis / non akademis dan memiliki minat yang kuat dalam pengembangan kewirausahaan dan teknologi. Beasiswa tersebut antara lain: Young Scholar Indonesia, Beasiswa Bakti Indonesia, dan Bidik Misi.

Sarjana Muda Indonesia (Beasiswa YSI)

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi dan aktif dalam kegiatan non akademik.

BAKTI INDONESIA

Beasiswa ini ditawarkan kepada calon sarjana yang memiliki keterbatasan finansial untuk menempuh pendidikan di program S1 Universitas Prasetiya Mulya. Setelah studi, siswa dapat menerima tunjangan seperti tunjangan dan akomodasi tempat tinggal.

Persyaratan:

Universitas Prasetiya Mulya menawarkan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademis / non akademis dan memiliki minat yang kuat dalam pengembangan kewirausahaan dan teknologi. Beasiswa tersebut antara lain: Young Scholar Indonesia, Beasiswa Bakti Indonesia, dan Bidik Misi.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa adalah sebagai berikut:

  • Lulus tes masuk Universitas Prasetiya Mulya dengan kategori sangat baik
  • Mengikuti rangkaian kegiatan seleksi yang terdiri dari psikotes, focus group discussion, penyusunan makalah / karangan, prestasi pribadi, dan wawancara
  • Terbukti aktif dalam kegiatan organisasi / ekstrakurikuler di sekolah dan / atau masyarakat.
Mahasiswa Unggulan (Beasiswa)

I Wayan Rona, atau lebih dikenal dengan sebutan Rona, lahir di desa Jullah Buleleng, Bali. Suatu hari, dia menemukan informasi di selebaran yang dipajang di perpustakaan sekolahnya. Selebaran tersebut memuat tentang kesempatan belajar di Universitas Prasetiya Mulya.

Meski banyak warga desanya yang memiliki pandangan bahwa meninggalkan pulau Bali ke pulau lain itu tabu, Rona bertekad untuk mengikuti tes masuk di Universitas Prasetiya Mulya.

Singkat cerita, Rona tidak hanya sukses mengikuti tes masuk; dia juga merupakan satu-satunya penerima beasiswa penuh selama 4 tahun dari Universitas Prasetiya Mulya. Rona berhasil membuktikan bahwa sukses datang dengan tekad dan semangat.

Pengunduran diri

  1. Calon mahasiswa yang tidak mendaftar melewati batas waktu pendaftaran dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri sehingga kehilangan haknya untuk menjadi mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya.
  2. Calon mahasiswa yang telah mengukuhkan pendaftaran sebagai mahasiswa S1 Universitas Prasetiya Mulya dengan membayar biaya pengembangan dan biaya semester namun ingin mengundurkan diri dapat mengundurkan diri dengan menyerahkan dokumen-dokumen sebagai berikut:
  • Surat pengunduran diri yang ditandatangani di atas kertas oleh siswa dan orang tuanya di atas materai Rp 10.000 paling lambat sebelum tanggal deadline.
  • Salinan pernyataan resmi diterima di perguruan tinggi lain (PTN / PTS / Perguruan Tinggi di luar negeri), fotokopi bukti pembayaran, dan fotokopi bukti pembayaran ke perguruan tinggi tersebut.
  • Bukti pembayaran asli ke Universitas Prasetiya Mulya.

Kebijakan pengembalian dana adalah sebagai berikut:

DEVELOPMENT FEE

No.Kriteria*Pengembalian dana
Sampai dengan DeadlineSetelah Deadline
1Tidak Lulus SMA100%100%
2Asal sekolah tidak terdaftar di Diknas dan/atau O level100%100%
3Calon mahasiswa meninggal100%100%
4Mundur jalur reguler

DF yang dibayar penuh dikurangi 50% total DF sebelum potongan

Tidak ada refund bagi yang belum melunasi DF

Tidak ada refund
5Mundur Jalur YSITidak ada refundTidak ada refund
6Mundur tanpa keterangan apapun, dan/atau mundur karena kondisi keuanganTidak ada refundTidak ada refund
7Pindah program studiTidak ada refundTidak ada refund

 

BIAYA SEMESTER (BIAYA TETAP DAN BIAYA SKS)

No.Kriteria*Pengembalian dana
Sampai dengan DeadlineSetelah Deadline
1Tidak Lulus SMA100%100%
2Asal sekolah tidak terdaftar di Diknas dan/atau O level100%100%
3Calon mahasiswa meninggal100%100%
4Mundur jalur reguler

100%

100%
5Mundur Jalur YSI100%100%
6Mundur tanpa keterangan apapun, dan/atau mundur karena kondisi keuanganTidak ada refundTidak ada refund
7Pindah program studiTidak ada refundTidak ada refund

* Calon mahasiswa S1 yang mengajukan permohonan pengunduran diri pada/atau setelah hari pertama perkuliahan (31 Agustus 2022) tidak akan menerima pengembalian dana apapun.

  1. Tanggal untuk mengklaim pengembalian uang adalah sebagai berikut::
  • 9-20 Agustus 2022: bagi calon mahasiswa yang mengajukan pengunduran diri sebelum tanggal 28 Juli 2022.
  • 23-27 Agustus 2022: bagi mahasiswa penerima beasiswa yang mengajukan pengunduran diri sebelum tanggal 28 Juli 2022.
  1. Surat pengunduran diri yang dialamatkan kepada Dekan SBE Atau Dekan STEM Universitas Prasetiya Mulya untuk diserahkan kepada Kantor Pemerimaan.
  2. Segala permintaan pengunduran diri yang tidak sesuai dengan ketentuan di atas dianggap tidak sah dan semua pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat dikembalikan / ditarik / ditransfer kembali.
Butuh Bantuan? Chat kami