Admisi S1

Jadwal Pendaftaran

Periode Pendaftaran Online

Batas Waktu Pendaftaran Online

Batas Waktu Pengiriman Dokumen

Tes Online

Pengumuman

Gelombang 8 (Online) 

Selasa,

23 Mei 2023

Senin,
5 Juni 2023

Selasa,
6 Juni 2023

Minggu,

11 Juni 2023

Senin,

19 Juni 2023

Prosedur Registrasi Tes

2

Langkah 2

Isi formulir pendaftaran online dengan informasi pribadi Anda: nama, email, nomor ponsel, kata sandi, informasi pendidikan, pilihan program, lokasi tes, dan metode pembayaran. Periksa kembali sebelum menyelesaikan pendaftaran.

3

Langkah 3

Periksa email Anda untuk mendapatkan nomor akun virtual (VA) baru Anda dan selesaikan pembayaran yang diperlukan ke akun VA tersebut.

4

Langkah 4

Periksa email Anda yang memverifikasi pembayaran Anda dan dapatkan username, password, dan kode voucher pendaftaran Anda (dalam waktu 1×24 jam). Verifikasi akun melalui tautan email.

5

Langkah 5

Login untuk melengkapi data Anda dan mengunggah dokumen yang diperlukan (termasuk foto berwarna 3×4 dan salinan KTP dan Kartu Keluarga (KK) atau paspor.

6

Langkah 6

Periksa email Anda untuk mendapatkan kartu ujian Anda (dalam waktu 1×24 jam).

7

Langkah 7

Cetak kartu ujian dan tunjukan kartu saat ujian.

Pembayaran Biaya Tes

  1. Biaya tes untuk program SBE atau STEM Rp. 500,000. Biaya tersebut memungkinkan kandidat untuk memilih 2 jurusan dari dalam 1 sekolah (SBE atau STEM) atau 2 jurusan di 2 sekolah (misalnya 1 jurusan di SBE dan 1 jurusan lainnya di STEM).
  2. Pembayaran biaya ujian harus dilakukan melalui transfer bank ke BCA Virtual Account (VA).
  3. Pembayaran biaya ujian dianggap valid setelah semua persyaratan diselesaikan dengan sukses dalam batas waktu yang ditentukan.

Opsi Pembayaran Tes

Pembayaran dapat dilakukan melalui metode VA BCA, GoPay atau Bank Transfer lainnya dengan mengikuti tutorial berikut ini

  • Bank Mandiri
  • Bank BRI
  • Bank BNI
  • Bank Permata
  1. Pada menu utama, pilih Bayar/Beli
  2. Pilih e-Commerce
  3. Pilih Midtrans
  4. Masukan Kode Pembayaran tanpa 70012 dan Tekan Lanjut
  5. Detail pembayaran Anda akan muncul di halaman konfirmasi pembayaran. Jika informasi benar, tekan Ya
  1. Pada menu utama, pilih Bayar/Beli
  2. Pilih Pembayaran
  3. Pilih Lainnya
  4. Pilih BRIVA
  5. Masukan Nomor BRIVA (max. 18 digit angka) dan tekan Benar
  6. Jumlah yang harus dibayar, nomor BRIVA dan nama merchant akan muncul di halaman konfirmasi pembayaran. Jika informasinya benar, tekan Ya
  7. Pembayaran selesai. Simpan tanda terima pembayaran Anda
  1. Pada menu utama, pilih Transaksi Lainnya
  2. Pilih Transfer
  3. Pilih Rekening tabungan
  4. Pilih Ke Akun BNI
  5. Masukkan nomor Kode Pembayaran lalu tekan Benar
  6. Masukkan jumlah penuh yang harus dibayar, dan tekan Benar. jika jumlah yang dimasukkan tidak sama dengan jumlah tagihan, maka transaksi akan ditolak.
  7. Jumlah yang harus dibayar, nomor rekening, dan nama merchant akan muncul di halaman konfirmasi pembayaran. Jika informasinya benar, tekan Ya.
  1. Pada menu utama, pilih Transaksi Lainnya
  2. Pilih Pembayaran
  3. Pilih Pembayaran Lainnya
  4. Pilih Virtual Account
  5. Masukan 16 digit nomor akun dan tekan Benar
  6. Jumlah yang harus dibayar, nomor rekening, dan nama merchant akan muncul di halaman konfirmasi pembayaran. Jika informasinya benar, tekan Benar
  7. Pilih akun pembayaranmu, dan tekan Benar

* Metode pembayaran lain selain VA BCA, akan dikenakan biaya transaksi tambahan, tergantung pembayaran yang dipilih.

Tes Masuk

Setelah pendaftaran dan proses pembayaran selesai, peserta akan dikirimkan email Nomor ID Tes Masuk yang harus ditunjukkan selama tes. Informasi tanggal dan lokasi tes dapat dilihat disini: Admisi Prasetiya Mulya.

Biaya Pendidikan

Registration Fee (Selection Test)

IDR 500,000

Development Fee
(Period Jan - Jul 2023)

IDR 85,000,000

Fixed tuition

IDR 12,000,000

Variable fee

IDR 500,000 / per credit hour (SKS)

Laboratory fee

IDR 3,000,000

Orientation fee*

IDR 4.800.000

* Pembayaran satu kali saja.
Biaya program belum termasuk biaya kelulusan dan biaya buku pelajaran. Beasiswa tersedia untuk peserta tes yang memenuhi persyaratan seleksi.

Metode Pembayaran

Semua pembayaran biaya pengembangan dan SPP Semester 1 dilakukan melalui transfer bank ke virtual account BCA (VA) calon sesuai dengan email konfirmasi yang dikirimkan sebagai calon mahasiswa.

Slip pembayaran harus mencantumkan tujuan / peruntukannya dan dikirimkan sebagai bukti pembayaran ke kantor Prasetiya Mulya Finance di Kampus BSD (an. Ms Herlin / Mr. Recky) melalui fax: (021) 304-50505, tel. (021) 304-50500 ext. 2136 atau email ke: finance.s1@prasetiyamulya.ac.id.

Pendaftaran Akademik

Setelah lulus SMA, calon mahasiswa harus melakukan registrasi ulang dan melengkapi persyaratan akademik Universitas Prasetiya Mulya. Informasi rinci tentang ini disertakan dalam surat pengumuman penerimaan.

Semester Ganjil (Perkiraan)

Semester Genap (Perkiraan)

Periode Perkuliahan

September - Januari

Maret - Juli

Pengunduran diri

  1. Calon mahasiswa yang tidak mendaftar melewati batas waktu pendaftaran dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri sehingga kehilangan haknya untuk menjadi mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya.
  2. Calon mahasiswa yang telah mengukuhkan pendaftaran sebagai mahasiswa S1 Universitas Prasetiya Mulya dengan membayar biaya pengembangan dan biaya semester namun ingin mengundurkan diri dapat mengundurkan diri dengan menyerahkan dokumen-dokumen sebagai berikut:
  • Surat pengunduran diri yang ditandatangani di atas kertas oleh mahasiswa dan orang tuanya di atas materai Rp 10.000, tidak melebihi batas waktu deadline.
  • Jika tersedia, salinan pernyataan resmi diterima di perguruan tinggi lain (PTN / PTS / Perguruan Tinggi di luar negeri), fotokopi bukti pembayaran, dan fotokopi bukti pembayaran ke perguruan tinggi tersebut.
  • Bukti pembayaran asli ke Universitas Prasetiya Mulya.

Kebijakan pengembalian dana adalah sebagai berikut:

BIAYA PENGEMBANGAN

No.Kriteria*Kebijakan Refund
Hingga Batas DeadlineSetelah Batas Deadline 
1Tidak Lulus SMA100%100%
2Asal sekolah tidak
terdaftar di Diknas
dan/atau O level
100%100%
3Calon mahasiswa
meninggal
100%100%
4Mundur jalur reguler

DF yang dibayar penuh
dikurangi 50% total DF
sebelum potongan

Tidak ada refund bagi
yang belum melunasi
DF

Tidak ada refund
5Mundur jalur YSITidak ada refundTidak ada refund
6Mundur tanpa
keterangan apa pun,
dan/atau mundur
karena kondisi
keuangan
Tidak ada refundTidak ada refund
7Pindah program studiTidak ada refundTidak ada refund

 

BIAYA SEMESTER (BIAYA TETAP DAN BIAYA SKS)

No.Kriteria*Kebijakan Refund
Hingga Batas DeadlineSetelah Batas Deadline
1Tidak lulus SMA100%100%
2Asal sekolah tidak
terdaftar di Diknas
dan/atau O level
100%100%
3Calon mahasiswa
meninggal
100%100%
4Mundur jalur reguler100%100%
5Mundur jalur YSI100%100%
6Mundur tanpa
keterangan apa pun,
dan/atau mundur
Tidak ada refundTidak ada refund
7Pindah program studiTidak ada refundTidak ada refund

 

Butuh Bantuan? Chat kami