S1 Teknik Energi Terbarukan

Universitas Prasetiya Mulya > Program S1 > S1 Teknik Energi Terbarukan

S1 Teknik Energi Terbarukan Universitas Prasetiya Mulya

Cleaner Energy, Brighter World

Penggunaan sumber energi bahan bakar fosil yang berlebihan telah menyebabkan tidak hanya menipisnya cadangan bahan bakar fosil tetapi juga pemanasan global.

Isu energi dan lingkungan tersebut harus diatasi dengan penggunaan energi yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan terbarukan seperti biomassa, panas bumi, hidro, surya, dan angin, padahal Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.

Visi
Menjadi program studi unggul dan terpandang dalam pengembangan teknik energi terbarukan dan sumber daya manusia yang berkualitas global pada tahun 2032.

Misi

  • Menyediakan pendidikan dan penelitian teknik energi terbarukan yang dapat diaplikasikan dalam bentuk pengabdian pada masyarakat dan berkontribusi pada pengembangan dunia bisnis.

Ceritaprasmul

Department Contact Info

Marketing & Customer Relations

BSD CAMPUS
Kavling Edutown I.1 Jl. BSD Raya Utama
BSD City, Tangerang 15339

(021) 304 50 500 ext. 2001-2006
SMS/WA: 0815-1166-2005 or 0812-4111-660
info@prasetiyamulya.ac.id

Mon – Fri, 8:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

 

Mengapa Mempelajari Teknik Energi Terbarukan

Program S1 Teknik Energi Terbarukan akan menjawab permasalahan global tersebut. Dengan kurikulum yang komprehensif, siswa akan belajar melalui simulasi, eksperimen, dan prototyping teknik energi berbasis komputer. Siswa akan belajar manajemen sumber daya pengolahan bahan baku, pembangkit listrik, efisiensi energi, dan konservasi. Siswa akan terlibat dalam proyek eksperimental dari skala percontohan hingga skala industri dan dilengkapi dengan kewirausahaan teknik melalui kursus manajemen energi dan uji coba pra-komersial.

Kurikulum

Kurikulum di Program Studi Teknik Energi Terbarukan tidak hanya berfokus pada mata kuliah keteknikan tapi juga dikombinasikan dengan pengetahuan di bidang bisnis dan manajemen.

Kurikulum terdiri atas empat komponen utama yakni muatan berisi dasar-dasar ilmu enjinering, muatan khusus terkait kompetensi ilmu teknik energi terbarukan, muatan ilmu yang berkaitan dengan kewirausahaan serta muatan pengembangan pribadi/soft skill.

Muatan dasar-dasar ilmu enjinering dan ilmu teknik terkait energi terbarukan menjadi porsi terbesar merepresentasikan 70% beban mata kuliah. Muatan ini akan terdiri dari ilmu yang berkaitan dengan kimia dan bioenergi, fisika, mekanika serta energi, termasuk didalamnya adalah beban dalam penyelesaian grup project dan Tugas Akhir.

Kurikulum S1 Teknik Energi Terbarukan pada proses pembuatannya disusun berdasarkan kajian matang sivitas akademika Universitas Prasetiya Mulya, studi banding program studi sejenis diluar negeri serta melibatkan para pelaku industri energi maupun para pakar dari institusi pendidikan dan penelitian baik dari dalam maupun luar negeri.

Tahun Pertama

Engineering Design

Tahun Kedua

Product Creation

Tahun Ketiga

Product Prototype

Tahun Keempat

Product Deployment*

Lulusan Program ini

Karir Masa Depan

Energy Engineering Entrepreneur, Renewable Energy Engineer, Project Engineer Manager, Field Engineer, Process Engineer, Energy-Related Business Development Manager, Power Distribution Engineer, Energy Building Auditor, Power Engineering Consultant, System Design Engineer, Researcher, Clean Energy Specialist, Site Analysis Engineer, etc.

Kolaborasi

S1 Teknik Energi Terbarukan telah melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan dalam dan luar negeri. Kerjasama tersebut meliputi kerjasama penelitian, beasiswa, kesempatan internship dan kunjungan industri untuk mahasiswa.

Selain itu, Prodi S1 Teknik Energi Terbarukan juga melakukan kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian dengan institusi penelitian dalam negeri, LIPI, universitas luar negeri Tokyo Institute of Technology (Top 3 university in Japan) dan Zhejiang University (Top 5 university in China).

Butuh Bantuan? Chat kami